Popular Post

Posted by : Unknown Minggu, 19 Oktober 2014



Judul Jurnal           : PEMANFAATAN E-COMMERCEDALAM DUNIA BISNIS
Penulis                   : Dewi Irmawati (Staf Pengajar Jurusan Manajemen InformatikaPoliteknik Negeri
 Sriwijaya)


REVIEW:

Kemajuan di bidang teknologi, komputer, dan telekomunikasi mendukung perkembangan teknologi  internet. Dengan internet  pelaku bisnis tidak lagimengalami kesulitan dalam memperoleh informasi apapun, untuk menunjangaktivitas bisnisnya, bahkan sekarang cenderung dapat diperoleh berbagai macaminformasi, sehingga informasi harus disaring untuk mendapatkan informasi yangtepat dan relevan. Hal tersebut mengubah abad informasi menjadi abad internet. Penggunaan internet dalam bisnis berubah dari fungsi sebagai alat untuk  pertukaran informasi secara elektronik menjadi alat untuk aplikasi strategi bisnis,seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan.

Electronic Commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualanatau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalandata (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi nonkomputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaranuntuk e-commerce ini (Siregar, 2010).

Manfaat dan Tantangan Penggunaan e-commerce Dalam Dunia Bisnis:
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemenyang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs webyang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
  • ·         Menyediakan harga kompetitif
  • ·         Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • ·         Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • ·         Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  • ·         Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  • ·         Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, danlain-lain.
  • ·         Mempermudah kegiatan perdagangan.

Dampak  E-commerce  Terhadap Dunia bisnis Dalam kategori pertama, e-commerce berdampak pada akselerasi pertumbuhan direct marketing yang secara tradisional berbasis mail order (katalog) dan telemarketing. Kemunculan e-commerce memberikan beberapadampak positif bagi aktivitas pemasaran, diantaranya:
  • Memudahkan promosi produk dan jasa secara interaktif dan real time melaluisaluran komunikasi langsung via internet.
  • Menciptakan saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih banyak  pelanggan di hampir semua belahan dunia.
  • Memberikan penghematan signifikan dalam hal biaya pengirima informasi dan produk terdigitalisasi (contoh perangkat lunak dan musik)
  • Menekan waktu siklus dan tugas tugas administratif (terutama untuk  pemasaran internasional) mulai dari pemesanan hingga pengiriman produk.
  • Layanan pelanggan yang lebih responsif dan memuaskan, karena pelanggan bisa mendapatkan informasi lebih rinci dan merespon cepat secara online.
  • Memfasilitasi mass customization yang telah diterapkan pada sejumlah produk seperti kosmetik, mobil, rumah, komputer, kartu ucapan, dan berbagai macam produk lainnya.
  • Memudahkan aplikasi one-to-one atau direct advertising yang lebih efektif dibandingkan mass advertising.
  • Menghemat biaya dan waktu dalam menangani pemesanan, karena sistem pemesanan elektronik memungkinkan pemrosesan yang lebih cepat dan akurat.
  •  Menghadirkan pasar maya/virtual (markespace) sebagai komplemen pasatradisional (marketplace).


KESIMPULAN
Dengan pemanfaatan dan penggunaan teknologi internet diharapkandapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif tersebut. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut adalah perusahaan yang mampu melakukan implementasi teknologi ke dalam perusahaannya. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah dengan menggunakanelectronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Dengan adanya layananelectronic commerce (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses sertamelakukan pesanan dari berbagai tempat. Dengan adanya era teknologi yangcanggih saat ini para pelanggan yang ingin mengakses e-commerce tidak harus berada di suatu tempat, hal itu dikarenakan di kota kota besar di Indonesia telah banyak tempat tempat yang menyediakan suatu fasilitas akses internet hanyadengan menggunakan laptop/notebook ataupun dengan Personal Digital Assistant  (PDA) dengan menggunakan teknologi wifi.
 
Sumber:
https://www.academia.edu/4911623/PEMANFAATAN_E-COMMERCE_DALAM_DUNIA_BISNIS




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2025 DagDigDugDer - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Junaidi Akbar -